Advertisements

Jumat, 05 Februari 2016

Cari Tahu

Photocopy atau Fotocopy atau Fotokopi ???

Assalamualaikum Wr. Wb.

Mari Kita Cari Tahu !!!!

Tahukah kalian ??? Kita sebagai rakyat Negara Republik Indonesia, terkadang masih banyak pengucapan atau penulisan kata yang tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia. Padahal sebagai bangsa Indonesia yang besar, sudah selayaknya kita menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) terbaru.

Kata Photocopy sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Kata/tulisan Photocopy sering kita jumpai di pinggir-pinggir jalan dan sering kita ucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kebanyakan dari kita tidak memperhatikan kaidah pengucapan dan penulisan kata bentuk baku dalam Bahasa Indonesia.



Lalu seperti apakah bentuk baku yang benar dari kata Photocopy ?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bentuk baku dari kata Photocopy adalah:

fotokopi/fo·to·ko·pi/ n hasil reproduksi (penggandaan) fotografis terhadap barang cetakan (tulisan);
memfotokopi
/mem·fo·to·ko·pi/ v membuat reproduksi dengan mesin fotokopi:

Maka dari itu, setelah kita mengetahui mana yang benar bentuk baku dari kata Photocopy, sudah selayaknya kita membiasakan diri dengan mengucapkan atau menuliskan kata fotokopi dalam kehidupan sehari-hari kita.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Cari Tahu

About Cari Tahu

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :